You are here: Home > MI Muhammadiyah 2 > *Harmonisasi SD/MI Muhammadiyah Kudus dan Sekolah Kebangsaan Bukit Tinggi Klang Selangor*

*Harmonisasi SD/MI Muhammadiyah Kudus dan Sekolah Kebangsaan Bukit Tinggi Klang Selangor*

SD/MI Muhammadiyah Kudus di Malaysia

Oleh : Partini

_Principal MI MUDAKU Program Khusus

__________
Sebuah harmonisasi siswa dua negara serumpun nampak terlihat di SK Bukit Tinggi Klang Selangor Rabu – Jum’at, 4 – 7 Oktober 2017. Kala itu, Siswa dari Indonesia yang diwakili 7 siswa MI MUDAKU, 5 siswa SD MUTUKU, 3 siswa MI MUJAKU, dan 2 siswa MIM Al Tanbih Kudus mengadakan kolaborasi aktivitas pembelajaran dengan SK Bukit Tinggi Klang Selangor, Malaysia.
Sekolah yang berdiri tahun 2002 ini berdiri di atas lahan seluas 5,18 ha ini memiliki jumlah guru sebanyak 77 orang dan staf sebanyak 5 orang, jumlah murid 1.297 siswa terdiri dari bermacam suku bangsa (Melayu, India, dan China). SK Bukit Tinggi Klang Selangor merupakan salah satu dari 5 Sekolah terbaik di Selangor Malaysia.

Momentum ini menjadi sangat strategis untuk mensyiarkan SD/MI Muhammadiyah Kudus khususnya kepada pejabat-pejabat pendidikan di beberapa propinsi di Malaysia.

Lawatan pendidikan yang berlangsung tiga hari diisi dengan kegiatan belajar bersama antara siswa dari Indonesia dengan siswa SK Bukit Tinggi diantaranya: Class sessions, cultural exchange program, and competition.

Menarik sekali kolaborasi pembelajaran kedua sekolah. Siswa-siswa yang cepat beradaptasi telah memudahkan mereka untuk saling berbagi, berkomunikasi satu dengan lainnya dan bekerjasama serta berperan aktif dalam pembelajaran.

Siswa-siswa kedua sekolah laksana tidak bersekat terlihat enjoy dan kondusif dalam mengikuti pembelajaran yang dipandu oleh cik gu pengampunya. Mudahnya adaptasi siswa kedua sekolah menjadi modal sosial yang sangat berharga bagi jalinan silaturahim pendidikan di antara kedua sekolah ke depannya.

Sikap ramah _cik guru besar, cik gu_ dan _budak_ dari keluarga besar SK Bukitinggi Klang merupakan suatu bagian dari keberhasilan pembelajaran terjadap siswa-siswanya dalam pembentukan karakter peserta didik.

Fenomena sosial yang sangat positif dari realitas siswa SK Bukitinggi Klang adalah sikap soleh dan solehah yang ditampakan dengan salam dan jabat tangan dengan penuh ketawadluan dari siswa terhadap setiap orang yang ditemuinya. Padahal sejarinya SK Bukitinggi Klang bukanlah sekolah keagamaan.

Sebuah sikap sederhana, tetapi memiliki implikasi sosial yang sangat besar sebagai bukti dari keberhasilan pendidikan karakter dari guru-guru terhadap siswa-siswanya.

Lingkungan sekolah yang bersih, atmosfir kelas yang kondusif, tulisan-tulisan ajakan berbuat positif dan kebaikan di setiap sisi dari space yang ada menjadi sebuah bukti tentang kesungguhan pendidikan karakter terhadap siswa-siswinya.

Keberhasilan pendidikan di SK Bukitinggi tidak hanya dilihat dari bangunan fisik yang berdiri megah dengan dilengkapi berbagai fasilitas pembelajaran yang sangat lengkap, tetapi juga diimbangi dengan peningkatan kualitas pembentukan karakter siswa-siswinya.

Hanya tiga hari, kami berada di SK Bukitinggi banyak hal-hal positif yang kami catat untuk diimplementasikan di SD/MI Muhammadiyah Kudus.

Sekolah bukan hanya berhasil mencetak siswa-siswanya secara kognitif, tetapi juga berhasil mengembangkan ramah afeksi dan psikomotorik siswa-siswanya. Sebuah keberhasilan yang sangat ideal dari penyelenggara pendidikan di SK Bukitinggi Klang.

Harmonisasi siswa SD/MI Muhammadiyah Kudus dan SK Bukitinggi Klang dalam lawatan pendidikan ini ibarat sebuah kelompok musik orkestra yang saling berkontribusi dalam merajut benang silaturahim yang lebih berkemajuan dan berkesinambungan dalam bidang pendidikan.
Terima kasih SK Bukitinggi Klang Selangor Malaysia.

__________
_Kudus, 10 Oktober 2017_

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

?>