You are here: Home > Berita > Semarakkan Milad Muhammadiyah, Mimudaku Latih Siswa Wawancara

Semarakkan Milad Muhammadiyah, Mimudaku Latih Siswa Wawancara

 

Peserta Jalan Sehat

KUDUS-Ahad (05/11) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kudus mengadakan beberapa kegiatan jelang Milad Muhammadiyah ke-105 M/ 108 H, MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus (Mimudaku), mengambil kesempatan ini untuk asah kemampuan siswa-siswi kelas 5. Kegiatan wawancara ini dalam materi mata pelajaran bahasa Indonesia semester 1, kelas 5. Oleh karena itu, pendidik mulai mengajarkan siswa-siswi untuk berani mewawancarai warga sekitar yang menngikuti kegiatan jalan sehat tersebut. Adapun dalam kelas tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok. Akan tetapi, yang akan ditampilkan adalah salah satu kelompok yang paling pertama mengumpulkan hasil wawancara tersebut. Adapun hasil wawancara tersebut sudah diubah menjadi sebuah narasi agar dapat dipresentasikan di kelas ketika pembelajaran di kelas sedang berlangsung.  Kelompok pertama yang menyebut diri mereka sebagai kelompok cerdas, mewawancarai salah seorang guru dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), yakni Ibu Muza. Kelomok cerdas tersebut mengumpulkan hasil wawancara atas nama Azkya Huwaidaa, Nabila Ahfa Rista, Risma Nabila Husnia, Verrel Pradipta, dan Nadya Ulya Yasmin.

Hasil wawancara dari kelompok cerdas dapat kita simak bersama, yakni sebagai berikut: “Jalan sehat ini dalam rangka Milad Muhammadiyah yang ke-105 M. Adapun rute kegiatan jalan sehat ini adalah dari Jl. KHR. Asnawi –  Perempatan Jember – belok kiri ke – Jl. Sunan Kudus – Alun-alun – belok ke kiri – sampai ke Lapangan Muhammadiyah Kota Kudus. Adapun peserta jalan sehat ini kira-kira 1.000 peserta. Peserta jalan sehat ini berasal dari instansi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Angkatan Pemuda Muhammadiyah. Doorprize utama dari jalan sehat ini adalah sepeda gunung. Acara ini dibuka oleh Ketua PDM Kudus, yakni Bp. Dr. Hilal Majdi. Jalan sehat ini diikuti sampai tingkat STIKES (Sekolah Tinggi Kesehatan) Kudus, dan ada bermacam-macam acara lainnya yang mengiringi. Acara-acara lainnya adalah lomba mewarnai TK/RA tingkat Kabupaten Kudus, lomba kaligrafi SD/MI, jalan sehat + baksos, nobar, dan kejuaraan TSPM. Jalan sehat ini merupakan rangkaian acara dari Milad Muhammadiyah ke- 105 M/ 108 H. Adapun tanggapan dari narasumber terkait jalan sehat ini, adalah jalan sehat ini menyenangkan, ramai, menyemarakkan, dan menyiarkan Muhammadiyah kepada masyarakat umum. Kesan dan pesan dari narasumber untuk kami, adalah beliau berharap kami selalu rajin belajar, shalat 5 waktu, dan selalu membantu kedua orang tua.”

Itulah hasil dari wawancara siswa-siswi Mimudaku yang ikut serta menyemarakkan Milad Muhammadiyah ke- 105 M/ 108 H. “Saya senang dan bangga kepada siswa-siswi Mimudaku. Sebab mereka dapat menjalankan tugas portofolio dengan baik, meskipun saya sedang berada di luar kota saat acara berlangsung, namun mereka tetap antusias untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut. Semoga kalian menjadi penulis-penulis muda yang baik di kemudian hari,” tutur guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 5.

 

Peserta Jalan Sehat Milad Muhammadiyah 105 M/108 H

Menurut Ibu Kepala Mimudaku yakni, Ibu Partini, S.Pd.I, beliau mengatakan bahwa kegiatan di luar kelas bagus untuk siswa-siswi mengenal banyak orang dan itu juga merupakan salah satu cara untuk dapat bersosialisasi terhadap masyarakat sekitar. Belajar itu tidak hanya akademik saja, akan tetapi menumbuhkan karakter yang agamis (pembiasaan sholat 5 waktu dan dhuha), berjiwa sosial (infaq setiap hari), dan berbudaya (mengenal masyarakat sekitar baik dari segi bahasa, kultur, adat istiadat, dan lain sebagainya) juga sangat penting untuk diajarkan. (keoshi/ mimudaku)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

?>