Mimudaku Gelar Uji Tahfidz Terbuka Juz ke-30 untuk Membangun Generasi Qur’ani

Keduabelas siswa-siswi Mimudaku lolos Uji Tahfidz Terbuka

KUDUS – Ahad (10/6) MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus gelar uji tahfidz terbuka juz ke-30. Dalam acara akhirussanah wisuda VIII dan uji tahfidz terbuka ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan penting dan sekaligus memberikan kata sambutan untuk acara  ini, antara lain Ketua Majelis Dikdasmen PCM Kota Kudus, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Nurdin Rachmawan, S.Sos, Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kec. Kota Kab. Kudus, dalam hal ini diwakili oleh Bapak H. Sukarjo, S.Ag., M.Pd., Komite MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ismanto, S.Si.,M. Pd. (sekaligus perwakilan dari kelas VI), serta para wali murid MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus dari kelas 1-6. Acara akhirussanah wisuda VIII dan uji tahfidz terbuka juz ke-30 dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC) cantik, yakni Ananda Shellyana dan Ananda Oktasya di bawah arahan Ustadzah Muzdalifah, S.Pd.I.

Adapun siswa-siswi yang lolos uji tahfidz terbuka setelah sebelumnya diadakan uji tahfidz tertutup ada sebanyak 12 siswa. Keduabelas siswa tersebut telah diuji baik secara tertutup maupun secara terbuka. Uji tahfidz secara tertutup dimotori oleh Ustadz dan Ustadzah yang ahli di bidangnya. Ustadz dan Ustadzah tersebut adalah Ust. Hanik Hidayati, S.Pd.I, Ust. Nurul Khikmah, S.Pd.I, Ust. Muzdalifah, S.Pd.I, Ust. Subagiyo, S.Ag., dan Ust. Jauli Muflih, S.H.I. Alhamdulillah mereka berduabelas dapat menunjukkan hasil dari hafalan selama belajar di Mimudaku. Dari keseluruhan 34 siswa, yang lulus uji tahfidz sebanyak 12 siswa. Dalam hal ini Mimudaku secara jelas lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Uji tahfidz terbuka ini, secara tidak langusng dapat membuktikan bahwa hafalan juz ke-30 Mimudaku, penilaiannya jelas secara obyektif bukan penilaian subyektif semata.

Dalam uji tahfidz terbuka juz ke-30, acara langsung dipandu oleh Ustadzah Hanik Hidayati, S.Pd.I. Ustadzah Hanik mempersilakan siswa-siswi berduabelas untuk menghafal Q.S. At-Takwir dan Q.S. Al-Muthaffifin secara bergantian. Kemudian Ust. Hanik mempersilakan para tamu undangan untuk menguji mereka secara terbuka. Kesempatan pertama adalah oleh Bapak Nurdin Rachmawan, S,Sos. beliau menguji Q.S. Al-Balad kepada Ananda Muhammad Farizqi Mubarak, hasilnya Ananda secara lancar dapat menghafal surat tersebut. Kesempatan yang kedua adalah oleh Bapak Pengawas Pendidikan Agama Islam Kec. Kota Kab. Kudus, beliau menguji Q.S. At-Takatsur kepada Ananda Lydia Rahma Zulva, hasilnya sangat luar biasa indah dan merdu. Begitu pula pada kesempatan-kesempatan yang lainnya, semua yang lolos uji tahfidz terbuka sungguh luar biasa.

Satu hal lagi yang membuat bangga dan terharu Mimudaku adalah ada salah satu siswa kelas VI yang telah menyelesaikan hafalannya hingga juz ke-29, subhanallah. Siswa tersebut adalah Ananda Rizqi Fauzan Diinul Haq. Meski target hafalan Mimudaku adalah hafal juz ke-30, akan tetapi siswa-siswi yang telah melampaui target tersebut diperbolehkan untuk melanjutkan. Demikian program unggulan dari salah satu madrasah di bawah naungan Majelis Dikdasmen PCM Kota Kudus, yakni MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan yang cukup memukau pandangan mata, meski kala tampil di bulan Ramadan tak menyurutkan semangat mereka tampil maksimal. Penampilan dari Tim Paduan Suara Mimudaku membawakan sekaligus mengenalkan “Mars Mimudaku”  baik kepada seluruh civitas akademika maupun kepada masyarakat umum. Adapun Mars Mimudaku diciptakan oleh Ustadzah Partini, S.Pd.I dan diaransemen oleh Bapak Rian Hadi Prayitno (pelatih Tim Padus Mimudaku). Penampilan yang membuat tamu undangan bertepuk tangan dengan gemuruh adalah penampilan dari Sanggar Tari Muda Ceria membawakan tari kreasi dengan lagu “Cublak-Cublak Suweng dan Cingcangkeling”. Penampilan selanjutnya tak kalah menyedot perhatian publik, dua Srikandi cantik menampilkan Seni TSPM (mereka berdua meraih juara 2 Lomba PMR sebagai Duta PMR Tingkat Jawa Tengah). Penampilan selanjutnya adalah Trio Cantik Mimudaku, mereka berhasil membuat haru seisi Aula Muhammadiyah dengan lagu yang dibawakan “Mama” (mereka bertiga meraih juara 2 Lomba HW, cabang padus Tingkat Karesidenan Pati). (keoshi/ mimudaku)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *