Uswatun Khasanah Warnai Darul Arqom Mimudaku

Uswatun Khasanah Warnai Darul Arqom Mimudaku

 

Atas: Ustd. Subagiyo – KH. Subhan
Bawah: Ustd. Suprapto – KH. Sigit Mahmudi

Kudus – Kamis (31/05) Setelah menggelar pesantren ramadhan, MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus melanjutkan dengan Darul Arqam bagi guru dan karyawan.  Acara ini dilaksanakan di Aula Madrasah pada hari Kamis, 31 Mei 2018. Bertindak sebagai  narasumber adalah KH. Subhan dan KH. Sigit Mahmudi.

Kegiatan yang bertemakan Uswatun Khasanah ini mendapatkan uraian materi dari KH. Subhan sebagai berikut:

Dalam kehidupan sudah sewajarnya setiap orang memiliki  idola. Namun bagi seorang muslim idola yang terbaik adalah Rasulullah Muhammad SAW. Firman Allah SWT : “Sungguh telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu…”

Diantara sifat-sifat Rasulullah SAW., yang diwarisi Sahabat Ali bin Abi Thallib al :

  1. Pemaaf, yakni memberikan maaf kepada orang lain yang berbuat salah tatkala marah.
  2. Dermawan, Sabda Rasulullah SAW, bahwa barang siapa yang memudahkan urusan orang lain, maka Allah SWT., akan memudahkan urusannya baik di dunia maupun di akhirat.
  3. Sanggup meninggalkan larangan dikala sendirian. Meskipun tidak ada seorangpun yang melihat, maka ia tidak akan melanggar larangan Allah SWT., karena yakin Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat.
  4. Jujur pd orang yang diharapkan sesuatu darinya. Dengan demikian, apa yang keluar dari lidahnya adalah sesuatu yang sebagaimana adanya.

Namun, menurut Ali bin Abi Tholib, banyak orang Islam yang belum mampu melaksanakannya.

Sedangkan KH. Sigit Mahmudi menekankan, bahwa sebagai orang yang ittiba’ pada Rasulullah Muhammad SAW., maka hendaklah setiap muslim senantiasa hanya mengharap ridha Alla SWT dalam setiap amalnya.

Selanjutnya, setiap muslim harus mempersiapkan bekal akhirat. Dengan persiapan akhirat maka Allah SWT akan berikan kebutuhannya di dunia (Qsm As Syura : 20).

Pada sesi terakhir, moderator (Ustadz Suprapto) memberikan kesempatan bagi guru/karyawan untuk bertanya. Semua pertanyaan dijawab oleh narasumber dengan jelas dengan mengetengahkan sumber-sumbernya yakni Al Qur’an dan Hadits.

Kegiatan ini diakhiri  sholat dhuhur berjama’ah para peserta.

 

MIMUDAKU

Ramadhan 1439 H, ke-15

(sby/ mimudaku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *