Duta Kebersihan

Duta Kebersihan

Banyak nilai positif yg didapatkan dari sikap bersih seperti sehat, indah, nyaman, dan menyenangkan. Oleh karena itu, bersih menjadi idaman setiap insan.

Untuk mewujudkan sikap peduli terhadap kebersihan lingkungan ini, maka tidak cukup hanya dijejali menjejali anak dg himbauan, nasehat maupun segudang teori tentang manfaat kebersihan. Namun, yg terpenting adalah menanamkan kebiasaan hidup bersih. Dan ini lebih efektif dicapai dg praktek lapangan (by doing). Dengan cara ini anak dapat mengarti, memahami dan merasakan langsung tentang manfaat kebersihan. Pemahaman yg mendalam ttg kebersihan akan mendorong kesadaran anak untuk menjaga kebersihan tanpa tekanan. Jika hal ini sudah dicapai, maka selangkah lagi terwujud karakter anak yakni; peduli terhadap kebersihan lingkungan.
Karakter ini tercermin dalam sikap dan prilaku antara lain; merasa tidak nyaman ketika menyaksikan lingkungan kotor, anggota badannya tergerak manakala matanya menatap sampah berserakan serta senantiada merasa senang karena dapat turut serta dlm mnjaga kebersihan.
Berangkat dari sinilah, mk MIMUDAKU telah menelorkan program Bersih Lingkungan, dari kita untuk kita.
Program ini rutin dijalankan setiap Sabtu pagi sebelum kegiatan pembelajaran dg target membentuk karakter anak yg pediluli terhadap lingkungan.
Hal ini juga untuk menyelaraskan pengatahuan anak tentang kebersihan dan ajaran Rasulullah SAW yg menyatakan, “Kebersihan sebagian dari iman.” (sby/ mimudaku)

Kegiatan Bersih Bersih Lapangan Muhammadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *